Layout Microsoft Office Word 2016

 

 

Menu ini terkenal dengan rancangan halaman dokumen, seperti pengaturan margins, orientasi, size, column, dan masih banyak lagi. Untuk melihat apa saja tool-tool yang terdapat di dalam menu Layout, silakan klik menu tersebut yang berada tepat di sebelah menu Design, maka akan terlihat jendela menu seperti berikut.

LAYOUT


Gambar Menu layout


Nah, sudah terlihat jendela menu Layout, di sana terdapat beberapa tools yang dikelompokkan berdasarkan kategori, kita akan mulai dari kategori page setup seperti berikut.

Margins Tombol ini berguna untuk mengatur garis tepi atau pinggiran halaman, di sana terdapat beberapa ukuran seperti Normal, Wide, Narrow, dan lain-lain. orientasi Tombol ini berfungsi untuk mengubah halaman, seperti potraitke landscape begitu juga sebaliknya.

 pagesetupTampilan menu Layout Microsoft Office Word 2016

 

Margins  : Tombol ini berguna untuk  mengatur  garis tepi atau pinggiran halaman, di sana terdapa beberapa ukuran seperti Normal, Wide Narrow, dan lain-lain.

Orientation  : Tombol ini berfungsi untuk mengubah orientasi   halaman,       seperit    portrait    ke andscape, begitu juga sebaliknya.

Size   : Tombol ini berguna untuk mengatur ukuran kertas, seperti Letter, Tabloid, A3, A4, B5 Envelope#10, dan lain-lain.

Columns  :   Tombol ini berfungsi untuk membuat teks menjadi beberapa kolom, dua bahkansampai tiga kolom di dalam halaman dokumen.

Breaks    : Tombol ini berguna untuk menampilkan dan mengatur halaman break, di sana terdapa berbagai macam bentuk halaman break seperti Page, Column, Text Wrapping, dan lain sebagainya.

Line Numbers    : Tombol ini berfungsi untuk menampilkan pilihan pembuatan nomor baris pada halaman dokumen Word 2016.

Hyphenation  :   Tombol ini berguna untuk menampilkan pilihan pembuatan pemecahan kata ketik kata tersebut tidak cukup ditulis dalam baris yang sama.

Nah, setelahselesai membahas kategori page setup, selanjutnya kita akan pindah ke kategori paragraph, di sana terdapat beberapa tool seperti berikut.

 

menu paragraph

Gambar Paragraph

Left   : Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kiri halaman dokumen.

Right    : Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi lekukan (indent) ke kanan halaman dokumen.

Before    : Tombol ini berguna untuk menambah dan mengurangi ukuran sebelum spasi teks.

After    : Tombol ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi ukuran sesudah spasi teks. Selanjutnya kita akan melihat too-ltool yang terdapat di dalam kategori arrange seperti berikut.

 

arrange menu

Gambar 2.39 Arrange

Pasition   : Tombol ini berguna untuk mengatur posisi gambar di dalam halaman dokumen, kita bis mengaturnya dengan meletakkan gambar di kiri, kanan, atas, atau di bawah halaman.

Wrap Text   : Tombol ini berfungsi untuk menampilkan jendela wrap text di dalam dokumen, dengan

Tampilan menu Layout Microsoft Office Word 2016

wrap text, kita bisa mengatur letak gambar, d samping, tengah, bawah, bahkan di balik teks

Bring Forward   :   Tombol   ini   berguna   untuk memposisikan

suatu objek dengan objek lainnya, secar default, objek yang datang lebih akhir akan berdiri di depan objek sebelumnya, sehingg dengan tombol ini kita bisa mengatur ulang posisi objek tersebut.

SendBackward    : Tombol ini berfungsi untuk mengirimkan objek terpilih ke belakang objek lainnya.

Selection Pane  : Tombol ini berguna untuk menyeleksi objek yang berjenjang di dalam dokumen.

Align    : Tombol ini berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas, sehingga kita bisa memposisikan objek di bagian kiri, tengah, maupun kanan.

Group    : Tombol ini berguna untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu kelompok.

Rotate   : Tombol ini berfungsi untuk memutar dan membalikkan suatu objek yang terpilih.

Nah, sampai di sini kita telah selesai membahas too-tlool yang terdapat di dalam menu Layout, selanjutnya kita akan mengupas to-otol ol yang berada di menu Referencespada pembahasan berikutnya.

Tampilan menu Layout Microsoft Office Word 2016

 

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code