AD ART OSIS

AD ART OSIS

A.     Tata Cara Penyusunan AD ART, Pengajuan AD ART, Pengesahan AD ART

Dalam sebuah organisasi khusus OSIS terdapat AD ART. AD ART adalah singkatan dari “Anggaran Dasar Aturan Rumah Tangga”,merupakan aturan tertulis yang berisi mengenai peraturan-peraturan pokok yang terdapat dalam organisasi. Proses penyusunan AD ART pada umumnya dilakukan pada waktu kepengurusan terbentuk atau pada waktu akan ganti kepengurusan.

AD ART bersifat mengikat dan menyangkut kepentingan seluruh anggota. Cara penyusunan AD ART adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan Bersama

AD ART harus disusun untuk kepentingan bersama atau kepentingan organisasi itu sendiri, dalam arti bukan sekedar membuat AD ART. AD ART yang baik isinya sesuai dengan bentuk dan kebutuhan organisasi dalam hal ini khususnya OSIS.

  1. Menggunakan Bahasa yang Jelas

Penggunaan kata yang tepat menghindari terjadinya salah tafsir pada poin- poin pasal dan ayat yang terdapat di dalam AD ART

  1. Hindari Kata-kata yang Bermakna Ganda

Kata-kata yang memiliki multitafsir bias menyebabkan salah paham dan masalah tafsir setiap anggotanya. Dalam AD ART kalimat harus memiliki satu arti atau makna yang jelas.

  1. Sesuai Konteks

AD ART bersifat dinamis,dalam arti harus disesuaikan dengan konteks. Namun bukan berarti AD ART selalu harus mengalami perombakan dan bukan berarti juga AD ART menjadi kitab suci yang tidak boleh diubah.

  1. Tidak Copy Paste

Isi dari AD ART itu harus asli dengan keadaan organisasi itu sendiri khusus OSIS jangan sampai meng-Copy Paste dari organisasi lain, cukup hanya sebagai rujukan saja.

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code