Ekskul Tenis Meja

Permainan Tenis Meja – Artikel ini mengulas secara tuntas tentang olahraga tenis meja, mulai dari pengertian, sejarah, teknik dasar, peraturan, ukuran, cara bermain, sarana dan prasarana serta manfaatnya.

Pengertian tenis meja adalah permainan bola kecil yang dilakukan di atas meja. Bola dipukul dengan alat pemukul raket yang disebut bet.

Tenis meja termasuk jenis permainan bola kecil yang dapat dimainkan oleh dua (tunggal) atau empat (ganda) orang. Permainan ini berlangsung cepat dan membutuhkan konsenstrasi tinggi.

Tenis meja dikenal dengan beberapa nama lain atau sering disebut Ping Pong, Gossima, dan Whiff Whaff. Nama-nama tersebut berasal dari perusahaan yang membuat perlengkapan tenis meja.

Beberapa negara di Asia Timur memiliki nama lain untuk permainan tenis meja, yaitu:

  • Ping Pang Qiu (Cina, Taiwan, dan Hongkong)
  • Takkyu (Jepang dan Taiwan
  • Tak-gu (Korea).

Tenis meja merupakan salah satu permainan dan olahraga yang populer. Namun, masih kalah populer jika dibandingkan dengan tenis lapangan. Peraturan dan perlengkapan yang digunakan dalam tenis meja saat ini telah mengalami perkembangan dan pembaharuan berkali-kali.

Induk organisasi yang mengatur seluruh masalah tentang olahraga tenis meja internasional adalah bernama ITTF atau International Table Tenis Federation. Sedangkan di Indonesia adalah PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. Tercatat 207 negara sebagai anggota ITTF hingga saat ini.

 

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code