3 Fungsi OSIS

Fungsi OSIS, Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki sebagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki beberapa fungsi dalam mencapai tujuan.

Sebagai jalur pembinaan kesiswaan, fungsi OSIS adalah:

  1. Sebagai wadah

Organisasi Siswa Intera Sekolah merupakan organisasi resmi disekolah dan sebagai wadah kegiatan para siswa di sekolah dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan.

  1. Sebagai Motivator

Motivator adalah pendorong lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan. OSIS sebagai motivator berperan untuk menggali dan mengembangkan potensi siswa, yaitu minat dan bakat siswa serta mengembangkannya melalui kegiatan-kegiatan OSIS dan ekstrakulikuler.

  1. Sebagai Preventif

Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakan sumberdaya yang ada dan secara eksternal. OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara preventif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman yang datang dari dalam maupun luar. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai motivator lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code