JUMBARA PMR

Jumbara PMR atau Jumpa Bhakti Gembira PMR adalah salah satu kegiatan besar organisasi PMI disetiap tingkatan untuk pembinaan dan pengembangan PMR seperti halnya jambore pada organisasi Pramuka. Jumbara diadakan dalam setiap tingkatan PMI . Ada jumbara tingkat kecamatan, kabupaten/kota , provinsi dan Jumbara Nasional, di mana pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan PMI di wilayah yang bersangkutan.

Kegiatan Jumbara PMR dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatan karakter Kepalangmerahan, serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR sebagai contoh dan pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup.

Dengan peduli, ceria, dan bersahabat, suasana kompetisi yang sehat didalam Jumbara, selain akan memacu ketrampilan juga akan memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam memupuk rasa kepemimpinan sesungguhnya.

Kegiatan Jumbara PMR dibagi menjadi 3 bidang kegiatan yaitu yaitu Jumpa, Bakti dan Gembira. Bidang Jumpa antara ian Workshop Forpis (Forum Remaja Palang Merah Remaja), Workshop Guru Pembina, Pelatih & Pengurus PMI Bidang PMR & Relawan, Workshop Guru Pembina dan Fasilitator PMR, Latihan Gabungan 7 materi PMR, Traveling 7 materi PMR, Explorasi Hukum Humaniter, YABC (Youth Agent Behaviour Change), dan Kelas Internasional (Kerelawanan di dunia Internasional).

Lalu Bidang Bakti yaitu bakti masyarakat, life skills, videografer cilik, wartawan Muda (News Letter & Media Sosial), dan design.  Pada kegiatan Bakti Masyarakat, nantinya anggota PMR akan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan, Panti Lansia, Google, BNPB, PT Astra, PT Aetra, BMKG dan BPPT.

Serta Bidang Gembira antara lain Abang None, anjangsana, senam pagi, permainan interaktif, drama 7 Prinsip Kepalangmerahan, pameran mini, dan wahana Kepalangmerahan.

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code