Karya Tulis Ilmiah Remaja KIR

Karya Tulis Ilmiah Remaja KIR

Karya ilmiah harus ditulis secara sistematik sehingga memudahkan  bagi  diri penulis  maupun  pembacanya  dalam memahami  isi  tulisan itu. Beberapa  patokan yang  perlu difahami para penulis ilmiah terlebih anggota  KIR/Science Club, antara lain:

  1. Clarity, sebagai penulis harus berfikir  jernih  yang akan terefleksi dalam uraian tulisannya. Uraian  jelas, tidak rumit dan tidak berbelit sehingga informasi  yang disampaikan lebih mudah ditangkap dan dicerna.
  2. Completeness, diartikan sebagi lengkapnya suatu uraian, tidak menggantung atau mengambang, uraian bersifat komprehensif dan dapat difahami.
  3. Impartiality, penulis harus bersikap obyektif dan tidak boleh memihak.
  4. Order, adalah uraian secara sistematik dan berurutan secara logis.
  5. Accuracy, setiap anggota KIR/Science Club harus akurat, tidak saja bila bekerja di laboratorium tetapi  juga pada  waktu menulis harus senantiasa tepat dan  teliti, jangan sampai ada uraian yang bertentangan.
  6. Obyectivity, setiap pernyataan (statement) senantiasa didasarkan atas kenyataan, fakta dan bukan pendapat tanpa dasar.
  7. Simplicity, dalam menulis   harus     berpegang    pada kesederhanaan,  tidak berbelit-belit,   langsung     pada pokok    pembicaraan   dan tanpa bunga-bunga bahasa yang membingungkan.
  8. Explanation, laporan   ilmiah   yang    ditulis    berisi keterangan,    penjelasan tentang   berbagai   hal    yang dibutuhkan   para pembacanya. Oleh karena itu seseorang harus  selalu bertanya kepada diri sendiri, apa  maksud dan tujuan menulis serta informasi apa yang ingin kita sampaikan.

Oleh: Satino dan Sukiya

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code