Olahraga Atletik

Professor

Sejarah Singkat Atletik

Kegiatan yang pada dasarnya dalam sebuah olahraga atletik sempat vakum karena dibekukan pada tahun 1946 di sebab telah banyak kegiatan olahraga yang tidak ada peminatnya.

Olahraga atletik berawal dari kata yunani pada tahun 1776 sebelum Masehi karena perlombaan ini merupakan satu-satunya olahraga yang diperlombakan dalam sebuah ajang kontes organisasi. Dan organisasi formal pada abad 19 sudah diajarkan di sekolah-sekolah Eropa namum dapat di kembangkan pada tahun 1896 pada event Olimpiade yang diikuti oleh berbagai negara.

Organisasi atletik di resmikan pertama oleh seorang olahragawan bernama Nederlands Indische Athletiek yang bertugas untuk mengadakan pertandingan olahraga atletik di setiap ajang perlombaan yang bersifat nasional atau internasional.

 

Cabang-cabang Olahraga Atletik

Didalam sebuah cabang olah raga atlantik memiliki berbagai macam-macam cabang dibidang olahraga itu sendiri dengan demikian kami akan membahas beberapa cabang olahraga atlentik yang ada di semua dunia meliputi.

Berikut beberapa cabang olahraga atlantik diantaranya :

A. Olahraga Air

 Olahraga Atletik 

Olahraga Air adalah salah satu bentuk olahraga yang dimana dalam kegiatannya di air baik secara beregu maupun individu sehingga olah raga ini dapat dilakukan di di tempat-tempat seperti, kolam renang,sungai dan laut.

Aktivitas ini untuk melakukan nya ternyata berguna untuk menjaga dan meningkatkan daya kesehatan dan dapat menghilangkan stres, karena menghasilkan sistem kekebalan tubuh dengan secara rutin dan dilakukan teknik yang baik.

B. Renang

 Olahraga Atletik 

Renang gaya dada adalah bentuk cabang olahraga yang mudah untuk dilakukan bagi setiap para atlit sehingga dilakukan dengan benar hal ini merupakan bentuk dari kegiatan dari sebuah cabang olah raga atlantik.

C. Fitnes

 Olahraga Atletik 

Fitnes Atau dengan kata lain Nge-gym hal ini merupakan salah satu aktivitas olahraga yang termasuk dalam olah raga atlantik sehingga dapat menjaga kebugaran pada tubuh.

Olahraga yang seperti ini sering sekali dikutip padan sebuah ajang kontes yang di lakukan di salah satu perlombaan yang ada di seluruh dunia, karena hal ini termasuk olahraga yang banyak di minati banyak orang.

D. Taekwondo

 Olahraga Atletik 

Taekwondo adalah salah satu jenis olahraga yang termasuk di dalam katergori cabang olahraga atlantik karena hal ini memiliki keunikan dan beraneka ragam gerakan sehingga olahraga taekwondo ini banyak sekali diminati oleh seseorang.

E. Tolak Peluru

 Olahraga Atletik 

Tolak peluru adalah salah satu jenis olahraga yang termasuk dalam kategori cabang olahraga atletik karena hal ini sering dipertandingkan dalam ajang perlombaan tingkat nasional atau internasional.

F. Jalan Cepat

 Olahraga Atletik 

Jalan Cepat adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam kategori cabang olahraga atlantik karena hal ini sering disebut dengan istilah Race Walking atau dengan kata lain gerakan secara maju sehingga seseorang dapat melakukannya dengan cepat.

G. Lompat Tinggi

 Olahraga Atletik 

Lompat Tinggi adalah salah satu cabang olah raga yang termasuk dalam kategori cabang olahraga atlantik yang di mana hal ini seseorang atlet harus melakukan lompatan yang setinggi-tingginya supaya bisa mendapatkan poin yang baik.

Dengan demikian gaya yang harus dilakukan dalam olahraga lompat tinggi adalah :

  • Gaya flop
  • Gaya gunting
  • Gaya Guling sisi
  • Gaya Guling straddle

H. Lompat Jauh

 Olahraga Atletik 

Lompat jauh adalah salah satu olahraga yang termasuk dalam kategori cabang olahraga atlantik karena hal ini sering di gunakan oleh banyak orang untuk melakukan lompatan yang sempurna tanpa menimbulkan cidera.