PENGENALAN TOOLS POWERPOINT 2016


Microsoft Office  owerPoint  atau lebih populer dengan sebutan Microsoft PowerPoint adalah sebuah program pengolah presentasi, aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Dan pada bab sebelumnya juga telah dijelaskan dan kita kita telah mengetahui apa itu PowerPoint 2016.

Ikon Power Point 2016

Gambar Ikon powerpoint 2016

Pada bab ini kita akan membahas tool-tool yang terdapat dalam PowerPoint 2016. Dimulai dari cara membuka aplikasi hingga mengenal tab ribbon PowerPoint 2016. Untuk lebih detail-nya, yuk kita ikuti tutorial selanjutnya dengan semangat dan jangan lupa tetap tersenyum .

Membuka Aplikasi PowerPoint 2016
Oke, untuk mengetahui tool-tool yang terdapat di dalam PowerPoint 2016, kita harus membuka aplikasinya terlebih dahulu, cara membuka aplikasi tersebut tidak berbeda dengan membuka aplikasi lainnya seperti Excel 2016, Word 2016, dan aplikasi lainnya. Untuk membuka PowerPoint 2016, silakan ikuti langkah-langkah seperti berikut.

1. Sebelum membuka aplikasi PowerPoint 2016, pastikan temanteman telah menginstal aplikasi tersebut di dalam komputer masing-masing. Selanjutnya silakan klik tombol Start yang terdapat di sudut bawah, maka akan muncul jendela start seperti berikut.

menu jendela start

Gambar Jendela start

2. Selanjutnya silakan klik tombol All Programs sehingga akan terlihat seluruh program yang terinstal di dalam komputer temanteman, termasuk juga program PowerPoint 2016 seperti berikut.

menu all programs

Gambar All programs

3. Kemudian silakan klik aplikasi PowerPoint 2016 tersebut, sehingga akan muncul sebuah jendela starting seperti berikut.

menu starting pwowerpoint

Gambar Starting powerpoint 2016

4. Silakan tunggu loading sampai selesai, setelah itu maka akan muncul sebuah jendela seperti berikut.

 

menu jendela utama powerpoint 2016

Gambar Jendela utama powerpoint 2016

PENGENALAN TOOLS POWERPOINT 2016


5. Selain cara di atas, kita juga bisa langsung mengklik ikon PowerPoint 2016 yang terdapat di jendela Desktop, sehingga proses loading akan berjalan seperti Gambar 2.4 di atas. Nah, sampai di sini kita telah berhasil membuka aplikasi PowerPoint 2016. Lalu, apa saja tool-tool yang terdapat di dalamnya, dan apa saja fungsi dari masing-masing tool yang terdapat di sana? Oke teman-teman, pembahasan tersebut akan kita lanjutkan pada pembahasan berikutnyanya, yaitu mengenal tools dan Tab ribbon PowerPoint 2016. Jadi, ikuti terus ya sobat, dan jangan lupa tetap semangat ya .

Mengenal Tools PowerPoint 2016
Setelah kita berhasil membuka aplikasi PowerPoint 2016, mungkin saja kita akan bertanya-tanya tentang tools-tools yang terdapat di dalam PowerPoint 2016 ini, apalagi kita baru pertama kali membuka aplikasi tersebut. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena di sini kita akan mengenalkan tools-tools yang terdapat di dalam PowerPoint 2016 satu per satu. Untuk lebih detail-nya, akan dijelaskan seperti berikut.

tampilan powerpoint 2016

Gambar Tampilan penuh powerpoint 2016

merupakan tampilan keseluruhan PowerPoint 2016, yang berisi beberapa tools yang berguna untuk mengoperasikan PowerPoint 2016 itu sendiri. Mari kita bahas satu per satu seperti berikut.

 

 tittle bar

Gambar Title bar

Title bar merupakan sebuah jendela yang terletak paling atas dan berwarna merah, jendela ini biasanya menampilkan nama file PowerPoint yang sedang dibuka. Selain itu, terdapat pula beberapa tombol seperti berikut.

 

 

Gambar Ttombol qustomize quick access toolbar

PENGENALAN TOOLS POWERPOINT 2016

Di sini terdapat empat buah tombol, yang pertama tombol Save yang terletak di sebelah kiri gambar, tombol tersebut berguna untuk menyimpan data PowerPoint yang telah dibuat, yang kedua tombol Undo yang terletak di sebelah tombol Save, tombol tersebut berguna untuk mengembalikan satu kejadian kepada kejadian sebelumnya, yang ketiga tombol Redo yang
terletak tepat di sebelah tombol
Undo, kegunaan tombol tersebut lawan dari kegunaan tombol Undo, yang keempat tombol Start From Beginning yang berguna untuk memulai presentasi dari awal, dan yang terakhir tombol yang berbentuk panah ke bawah tersebut dinamakan dengan tombol Qustomize Quick Access Toolbar, tombol tersebut berguna untuk
menampilkan dan menyembunyikan tombol seperti tombol
Save, Open, Undo, Redo, dan tombol lainnya.

Tombol ribbon, minimize, restore, close

Gambar  Tombol ribbon, minimize, restore, close

Di sini terdapat beberapa tombol juga, yang pertama tombol Ribbon yang terletak di sebelah kiri gambar, tombol tersebut berguna untuk menghilangkan dan menampilkan Tab dan Commands, yang kedua tombol Minimize yang terletak di sebelah tombol ribbon, tombol tersebut berguna untuk menghilangkan atau mengecilkan jendela PowerPoint, yang ketiga tombol Restore yang terletak di sebelah tombol minimize, tombol tersebut berguna untuk memaksimalkan dan meminimalkan ukuran tampilan jendela PowerPoint, dan yang terakhir tombol Close yang terletak di sebelah kanan gambar, tombol tersebut berguna untuk menutup jendela PowerPoint.

 

 

Tab dan ribbon berfungsi untuk mengelola presentasi PowerPoint, dimulai dari Tab File, Home, hingga View. Setiap Tab mempunyai Ribbon masingmasing, nanti kita akan membahas lebih detail tentang Tab Ribbon pada pembahasan selanjutnya.

 kembar kerja

Gambar Tab & Ribbon

Lembar kerja atau Slide merupakan tempat kita membuat dan mengelola sebuah presentasi, di samping lembar kerja, terdapat pula rules yang terletak di atas dan di samping lembar kerja, tentu kegunaannya mempermudah pengelolaan presentasi, terutama dalam layout dan
pengaturan sebuah paragraf. Di sebelah lembar kerja terdapat jendela panel slide yang berguna untuk menampilkan dan mengatur slide seperti berikut.

 panel slideGambar Panel slide

PENGENALAN TOOLS POWERPOINT 2016

Panel Slide merupakan sebuah jendela yang berisi satu atau lebih slide yang telah ditambahkan ke dalam halaman PowerPoint. Di dalam panel inilah kita mengelola sebuah slide, dimulai dari mengedit, memindahkan, menghapus slide, dan masih banyak lagi.

panel slide

Gambar Number page

Number Slide merupakan sebuah tampilan yang terletak paling bawah tampilan halaman PowerPoint 2016, di sana terdapat jumlah nomor, Notes yang berguna untuk menampilkan jendela catatan, dan yang terakhir jendela komentar yang berguna untuk menampilkan jendela komentar.

 

 Zoom in & out

Tombol Normal yang terletak di sebelah kiri berguna untuk membuat tampilan slide PowerPoint menjadi normal, tombol Slide sorter yang terletak tepat di sebelah tombol Normal berguna untuk mengubah tampilan slide menjadi kotak-kotak seperti gambar pada tombol tersebut, tombol Reading view berguna untuk menampilkan jendela penuh untuk dibaca, tombol Slide Show yang terletak di samping tombol Reading view berguna untuk memulai slide presentasi, dan yang terakhir tombol Zoom in & out yang berguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan halaman slide PowerPoint 2016.

PENGENALAN TOOLS POWERPOINT 2016

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code