PPDB Kota Bogor

PPDB Kota Bogor

Persyaratan Calon Peserta

  1. Calon peserta menyerahkan Surat Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Asli atau jika Asli belum ada maka bisa menggunakan SKHUN sementara yang dikeluarkan oleh sekolah
  2. Calon peserta menyerahkan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Asli atau apabila STTB Asli belum ada maka dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal
  3. Membawa Kartu keluarga (KK) Asli Khusus Warga Kota Bogor dan menyerahkan foto copy KK, bagi calon peserta didik baru sekolah di luar Kota Bogor yang orang tuanya berdomisili di Kota Bogor
  4. Menyerahkan foto copy Daftar Kolektif Nilai Ujian Nasional (DAKOL NUN) atas nama calon peserta didik
  5. Menyerahkan hasil cetakan tanda bukti pendaftaran

ppdb kota bogor

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon Peserta Didik Baru mengakses situs ppdb online di http://kotabogor.siap-ppdb.com
  2. Calon Peserta Didik Baru mengisi data dengan benar dan memilih pilihan sekolah yang sesuai dengan keinginan, apabila ada kesalahan pilihan sekolah tidak dapat dirubah/diganti
  3. Calon Peserta Didik Baru mencetak tanda bukti pengajuan pendaftaran
  4. Calon Peserta Didik Baru datang ke sekolah tujuan pilihan 1 (satu) untuk dilakukan verifakasi pendaftaran
  5. Calon Peserta Didik Baru mendapatkan tanda bukti hasil verifikasi dari sekolah tujuan pilihan 1 (satu)
  6. Calon Peserta Didik Baru lulusan luar Kota Bogor melakukan pra pendaftaran di Dinas Pendidikan Kota Bogor dengan membawa persyaratan

Alur Pendaftaran

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online ke alamat kotabogor.siap-ppdb.com
  2. Pilih jenjang SMP / SMA / SMK
  3. Klik menu daftar untuk melakukan pendaftaran hingga mencetak tanda bukti pendaftaran
  4. Calon peserta datang ke Sekolah pilihan pertama untuk melakukan verifikasi
  5. Operator sekolah melakukan verifikasi pendaftaran lalu mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran
  6. Calon peserta menerima tanda bukti verifikasi pendaftaran
  7. Calon peserta memantau hasil seleksi secara online di alamat kotabogor.siap-ppdb.com

Jadwal Pelaksanaan

Sebanyak 90 persen kuota peserta didik diperuntukkan bagi warga Kota Bogor, sementara sisanya untuk luar Kota Bogor.

Ia menjelaskan, pelaksanaan PPDB tingkat PAUD/TK dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 Juni 2021, verifikasi pada tanggal dan bulan yang sama. Pengumuman 11 Juni 2021 dan daftar ulang 14-15 Juni 2021.

Sedangkan untuk PPDB SD dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, untuk peserta didik dari jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru, tenaga kependidikan dan jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 jadwal pendaftarannya 7-8 Juni 2021.

“Dari total kuota peserta didik SD terdiri dari 15 persen diperuntukkan bagi jalur afirmasi dan ABK, 5 persen jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan. Ditambah 2 persen bagi anak nakes yang menangani Covid-19 Kota Bogor atau jalur Istimewa tenaga medis Covid-19,” jelas Hanafi.

Sementara tahap kedua, untuk jalur zonasi pendaftaran akan dimulai 16 hingga 18 Juni dan langsung diverifikasi. Untuk pengumuman 19 Juni, sedangkan daftar ulang 21 – 22 Juni.

“Kuotanya sebesar 78 persen,” tuturnya.

Untuk pendaftaran SMP dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama, untuk peserta didik dari jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru, tenaga kependidikan, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 jadwal pendaftarannya 23-26 Juni 2021.

Verifikasi berkas dilaksanakan mulai 23 hingga 28 Juni. Pengesahan dan pelaporan pada 29 Juni dan pengumuman pada 30 Juni, daftar ulang 1 – 2 Juli.

Tahap kedua, khusus untuk jalur zonasi 6 – 9 Juli dan langsung di verifikasi. Untuk pengesahan dan pelaporan 10 Juli serta pengumuman 12 Juli dan daftar ulang 13 – 14 Juli.

 

Update PPDB Kota Bogor 2021

“Untuk SMP kuotanya hampir mirip dengan SD, yang berbeda adalah untuk jalur afirmasi dan ABK sebesar 20 persen, jalur prestasi akademik dan prestasi non-akademik sebesar 23 persen dan jalur zonasi sebesar 50 persen,” kata Hanafi.

Persyaratan yang harus dientri pada website www.kotabogor.siap-ppdb.com, ada dua jenis yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus.

“Untuk jalur istimewa tenaga medis, jika domisilinya di luar namun tugasnya di Kota Bogor, anaknya tetap bisa mendaftar. Jalur afirmasi akan dilakukan survei oleh petugas pendaftaran sekolah ke tempat tinggal calon peserta didik yang bersangkutan, agar didapat data yang sebenarnya,” ungkap dia.

Untuk memastikan PPDB online tahun 2021 berjalan baik dan lancar sesuai regulasi, Disdik Kota Bogor membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang anggotanya berisi dari semua unsur bidang pendidikan.

 

 

Pinterin

0 / 5

Your page rank: