Profesi Aktuaris

Profesi Aktuaris

Professor

10 peran utama aktuaris

Profesi aktuaris di Indonesia sebagian besar dijumpai di perusahaan asuransi, dan sebagian mengamalkan ilmunya di perusahaan dana pensiun sebagai konsultan. Saat ini semua perusahaan asuransi oleh pemerintah diwajibkan memiliki paling tidak satu aktuaris. Itupun dengan syarat aktuaris tersebut merupakan anggota dari Persatuan Aktuaris Indonesia maupun organisasi lain yang sejenis. Lantas, apa saja peran dari aktuaris ini?

Peran Aktuaris

Aktuaris memiliki peran cukup penting di dalam sebuah perusahaan jasa asuransi maupun yang berhubungan dengan kegiatan investasi. Peran tersebut antara lain:

1. Menilai Resiko

Profesi Aktuaris

Seorang aktuaris memiliki kecakapan untuk menguasai ilmu ekonomi, komputer, keuangan, dan juga usaha. Semua ilmu ini akan dibutuhkan perusahaan asuransi dalam menentukan resiko. Resiko dari nasabah yang mungkin bisa jatuh sakit, mengalami kematian, dan sebagainya (khusus asuransi jiwa).

2. Mengkalkulasikan Kemungkinan Adanya Resiko

Profesi Aktuaris

Selain memastikan segala resiko yang mungkin dapat terjadi, seorang aktuaris juga harus mampu mengkalkulasikan resiko tersebut dalam bentuk nilai. Yakni dalam bentuk Rupiah untuk membantu perusahaan asuransi menentukan biaya-biaya yang ditanggung nasabah.

3. Menghitung Nilai Premi Nasabah

Profesi Aktuaris

Aktuaris juga berperan penting dalam menentukan nilai premi yang wajib dibayarkan nasabah secara rutin. Inilah alasan di dalam asuransi kesehatan premi antara nasabah yang masih mudah dan sudah berusia lanjut jauh berbeda, sebab resikonya juga berbeda.

4. Memastikan Nilai Premi Cukup

Profesi Aktuaris

Aktuaris juga memiliki tugas penting untuk memastikan nilai premi nasabah yang dihitung sudah cukup. Yakni memastikan dana yang terkumpul bisa menutup biaya saat resiko terjadi tanpa membuat perusahaan rugi.

5. Memastikan Nilai Premi Wajar

Profesi Aktuaris

Aktuaris juga berperan dalam memastikan nilai premi dari perusahaan terbilang wajar. Atau dalam status nilainya bersaing, sehingga tidak menjatuhkan harga di pasaran maupun sebaliknya.

6. Menetapkan Harga Asuransi

Profesi Aktuaris

Harga asuransi juga ditetapkan oleh aktuaris, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan lain sebagainya. Nilai ini akan disesuaikan dengan segala faktor resiko yang mungkin dapat terjadi.

7. Menjamin Kesehatan Keuangan Perusahaan

Profesi Aktuaris

Perhitungan dari seorang aktuaris juga berperan penting untuk memastikan keuangan perusahaan tetap sehat.

8. Membuat Analisa Perkembangan Perusahaan

Profesi Aktuaris

Aktuaris juga berperan dalam melakukan analisa perkembangan perusahaan ketika menetapkan produk dan harga asuransi sesuai perhitungan yang telah dilakukannya.

9. Membantu Menentukan Produk Asuransi Terbaik

Profesi Aktuaris

AKtuaris juga membantu perusahaan asuransi menyediakan jenis asuransi yang diminati publik sehingga banyak dicari.

10. Membantu Memasarkan Produk Asuransi yang Tepat

Profesi Aktuaris

Aktuaris juga memiliki peran membantu pemasaran produk asuransi secara tepat, sebab menyediakan asuransi yang menjawab kebutuhan dan disesuaikan dengan masa atau trend.