Profesi Arsitek

Profesi Arsitek

Professor

10 Jenis Perlengkapan Tempur Mahasiswa Teknik Arsitektur

Setiap jurusan atau mata kuliah dijamin memberikan beberapa daftar perlengkapan tempur yang menunjang proses belajar mahasiswanya. Hal ini juga sangat berlaku untuk jurusan Teknik Arsitektur. Kebanyakan perlengkapan yang dibutuhkan adalah terkait kegiatan menggambar, sebab tugas penting arsitek salah satunya memvisualisasikan desain di pikiran ke dalam sketsa desain.

Perlengkapan Tempur Mahasiswa Teknik Arsitektur

Jika Anda mengambil jurusan Teknik Arsitektur maka akan membutuhkan beberapa perlengkapan tempur berikut ini:

1. Buku Sketsa A3

Profesi Arsitek

Mengingat mahasiswa di jurusan Teknik Arsitektur akan lebih sering menggambar maka perlu menyediakan buku sketsa ukuran A3. Ukuran A3 akan memberi ruang menggambar yang lebih luas, sehingga eksekusi tugas menggambar dari dosen bisa lebih maksimal dan juga lebih mendetail.

2. Kertas Gambar

Profesi Arsitek

Selain buku sketsa, seorang mahasiswa di Teknik Arsitektur juga membutuhkan kertas gambar. Jenis kertas gambar sendiri cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan di mata kuliah yang diambil. Mulai dari kertas manila, kertas padalarang, kertas strimin, dan juga kalkir.

3. Berbagai Jenis Pensil

Profesi Arsitek

Pensil juga menjadi senjata wajib bagi mahasiswa Teknik Arsitektur, dimana jenisnya juga beragam. Pemilihan pensil bisa melihat kode di badan pensil tersebut yang terdiri dari angka dan huruf. Tingkatan huruf mempengaruhi tingkat kekerasan dan kelunakan pensil seperti kode H yang artinya keras dan kode B yang artinya lunak.

4. Drawing Pen

Profesi Arsitek

Drawing pen juga wajib dimiliki yang perlu menyediakan beberapa ukuran dimulai dari 0.1, 0.3 sampai ukuran 1.0. Warna hitam bisa diprioritaskan meskipun bisa pula menyediakan warna lain.

5. Penggaris

Profesi Arsitek

Penggaris dengan berbagai ukuran yang bentuk juga perlu disiapkan agar hasil gambar lebih rapi dan simetris satu sama lain.

6. Cutter

Profesi Arsitek

Penyediaan cutter juga penting, salah satunya untuk memotong kertas maupun untuk kebutuhan lain selama membuat desain arsitektur.

7. Jangka

Profesi Arsitek

Pola dasar dalam membuat sketsa desain bangunan adalah lingkaran dengan berbagai ukuran. Maka perlu menyediakan jangka untuk membentuk gambar lingkaran tersebut.

8. Pensil Warna

Profesi Arsitek

Hasil sketsa desain yang dibuat juga perlu diberi warna untuk menyempurnakan visuaslisasi dari ide desain di kepala. Maka perlu menyediakan pensil warna tentunya dengan kualitas terbaik.

9. Penghapus

Profesi Arsitek

Menggambar desain di kuliah Teknik Arsitektur sebagian besar akan menggunakan pensil dengan tingkat kekerasan sesuai kebutuhan. Supaya bebas coretan dan lebih bersih maka perlu menyediakan penghapus.

10. Meja Gambar

Profesi Arsitek

Anda juga membutuhkan meja gambar, khususnya jika mengerjakan tugas dosen dalam membuat sketsa bangunan di rumah atau di kamar kost.