Profesi Data Analis

Profesi Data Analis

Professor

10 hard skills + soft skills data analyst

Untuk bisa menjadi seorang data analyst maka terdapat sejumlah skill atau kemampuan yang perlu dikuasai. Kemampuan ini meliputi hard skill dan juga soft skill, di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Skill yang Dibutuhkan Data Analyst

Berikut merupakan beberapa kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data analyst:

Bahasa Pemrograman

Profesi Data Analis

Menjadi seorang data analyst bisa diawali dengan memiliki hard skill berupa pemahaman terhadap bahasa pemrograman. Paling tidak menguasai SQL, Oracle, dan juga Python.

Kemampuan Matematika

Profesi Data Analis

Seorang data analyst akan akrab dengan data numerik sehingga perlu punya kemampuan matematika. Yakni untuk menjabarkan angka ke dalam elemen garis seperti grafik dan tabel.

Analisis Data

Profesi Data Analis

Tugas dari seorang data analyst adalah menganalisis data kemudian melaporkannya untuk dipahami orang awam. Sehingga wajib memiliki hard skill berupa kemampuan analisis data yang baik.

Menggunakan Adobe Campaign

Profesi Data Analis

Adobe Campaign akan membantu mengirimkan kampanye iklan atau campaign secara online dan offline. Seorang data analyst perlu menguasainya dengan baik.

Data Warehousing

Profesi Data Analis

Maksudnya adalah sebuah data warehouse yang dibuat di dalam sistem perusahaan. Sehingga mengumpulkan semua data ke dalam database tersebut.

Akurasi dan Detail

Profesi Data Analis

Data analyst akan menganalisis dan melaporkan sejumlah data maka wajib memiliki kemampuan akurasi dan detail. Supaya data yang dilaporkan memang sudah tepat sekaligus sesuai kondisi di lapangan.

Bekerja dalam Tim

Profesi Data Analis

Data analyst juga perlu keahlian untuk bisa bekerja di dalam sebuah tim. Sebab ada kemungkinan melibatkan beberapa data analyst dan bekerjasama dengan departemen terkait di sebuah perusahaan. Sehingga seorang data analyst bukanlah departemen yang bisa berdiri sendiri.

Berpikir Logis dan Metodis

Profesi Data Analis

Data analyst juga perlu soft skill berupa kemampuan berpikir logis sekaligus metodis. Kegunaannya adalah untuk kemudahan dalam menganalisis data yang dimiliki agar lebih rapi dan juga teratur.

Memperhatikan Detail

Profesi Data Analis

Memiliki kemampuan untuk mencermati data dengan detail dan teliti juga menjadi soft skill yang wajib dimiliki seorang data analyst. Sebab secara teknis data analyst akan sangat berhubungan dengan sekumpulan data yang banyak dan rumit. Maka wajib membacanya dengan detail dan teliti.

Punya Kemampuan Analitis

Profesi Data Analis

Banyaknya data yang perlu ditangani atau diterjemahkan dan dilaporkan seorang data analyst. Membuatnya dituntut untuk memiliki kemampuan memperhatikan secara detail dana analitis. Supaya tidak ada data yang tertinggal, terlewat, dan tidak terbaca.