Profesi Pilot

Profesi Pilot

Professor

Untuk Anda yang ingin masuk sekolah pilot, perlu diketahui bahwa tidak semua peserta dapat langsung masuk. Karena ada serangkaian tes yang harus dilewati terlebih dahulu agar calon siswa yang didapatkan adalah yang benar-benar berkompeten dan memiliki bakat dalam hal penerbangan.

10 Pesawat Buatan Indonesia

Ada banyak sekali pesawat buatan Indonesia. Berikut ini daftar 10 pesawat yang kini banyak dilirik di negara-negara yang ada di dunia.

1. Pesawat Multiguna CN295

CN295 merupakan pesawat multiguna buatan Indonesia meski tidak diproduksi secara penuh di Indonesia. Tahun 2011, Dirgantara Indonesia membuat kontrak lisensi bersama Airbus Defense untuk memproduksi bagian buritan dan sayap belakang.

2. Pesawat CN235-220

Ada juga CN235-220 dimana pesawat satu ini adalah varian terbaru yang diproduksi sepenuhnya di dalam negeri. Pesawat multiguna satu ini memiliki mesin ganda dan digunakan oleh militer Turki. Pesawat ini sampai sekarang masih menjadi produk unggulan dari PT. Dirgantara indonesia.

3. Pesawat CN235

Pesawat CN235 milik TNI kini digunakan sebagai pusat komando lewat udara yang dilengkapi dengan pendeteksi radar.

4. Helikopter H215

Helikopter Multiguna H215 Super Puma sampai saat ini masih banyak digemari karena desainnya yang begitu fleksibel sehingga dapat digunakan secara optimal dalam mengemban misi kemanusiaan.

5. Pesawat NC212

NC212 adalah pesawat penumpang khusus untuk keperluan sipil. Pada tahun 2008, Airbus memindahkan pembuatan NC212 ke Indonesia.

6. Helikopter EC725

EC275 adalah helikopter multiguna dengan mesin ganda yang digunakan untuk keperluan militer. Helikopter ini diproduksi bersamaan dengan Airbus dan PTDI.

7. CASA CN-235

CN235 dulunya dikembangkan oleh CASA Spanyol dan IPTN yang sekarang ini berganti menjadi PT. Dirgantara Indonesia.

8. Helikopter BELL 412EP

Bell 412EP diproduksi atas izin dari Bell Helikopter Amerika Serikat. Helikopter ini juga salah satu produk primadona  PTDI.

9. Pesawat Mini N219

PT.DI juga mengembangkan pesawat mini N219 sebagai modal transportasi untuk dibawa di kawasan pedalaman yang sulit dijangkau.

10. AS565 Mbe

AS565 Mbe adalah capung besi yang diproduksi PTDI setelah mendapatkan izin dari Airbus Helikopter. Lengkap dengan mesin gandanya, helikopter ini digunakan TNI dan Badan SAR Nasional.

Jadi itulah beberapa daftar 10 pesawat buatan Indonesia. Kita harus berbangga karena Indonesia memiliki pesawat-pesawat yang digunakan diberbagai negara dunia.