Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Bab 1

Guru Madrasah

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Bab 1

Objek IPA dan Pengamatannya

IPA adalah ilmu tentang segala sesuatu yang berada di sekitar kita. Penelitian yang biasa dilakukan oleh kita dinamakan observasi.

Dalam penyelidikan IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai yaitu:

  1. Pengamatan
  2. Membuat Inferensi
  3. Mengkomunikasikan

Pengamatan menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk pengumpulan data dan informasi.

pengamatan

Membuat inferensi adalah kegiatan merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola pola atau hubungan antar-aspek yang diamati dan membuat perkiraan.

interferensi

Mengkomunikasikan adalah kegiatan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan, data yang disajikan dapat berupa tabel, grafik, bagan dan gambar yang relevan.

mengkomunikasikan

Objek yang dapat diamati dalam IPA adalah meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.

Rangkuman Tentang Pengukuran

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur.

Mengukur adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang disebut satuan.

Satuan baku adalah satuan yang disepakati oleh bersama untuk semua orang.

Besaran ada dua macam yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok ada 7 macam yaitu panjang (m), massa (kg), waktu (s), kuat arus (A), suhu (K), jumlah zat (mol) dan intensitas cahaya (cd).

Besaran turunan adalah besaran selain 7 macam besaran pokok. Contohnya: luas, volume, konsentrasi larutan dan laju pertumbuhan. Masih ada banyak macam besaran turunan namun dalam bab ini hanya disebutkan 4 macam besaran turunan tersebut.