Rangkuman Materi PAI Kelas 9 Bab 1

Guru Madrasah

Rangkuman Materi PAI Kelas 9 Bab 1

Meyakini Hari Akhir, Mengakhiri Kebiasaan Buruk

Hari Akhir / Hari Kiamat

1. Pengertian Hari Akhir

Beriman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Kita selaku umat Islam wajib meyakini bahwa hari kiamat akan datang. Perhatikan firman Allah Subhanahu wa ta'ala berikut:

firman hari akhir

Iman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran.

Hari akhir atau kiamat dapat dibagi menjadi 2 kategori :

  • Kiamat Sugra (Kiamat kecil)
  • Kiamat Kubra (Kiamat besar)

Kiamat sugra yaitu terjadinya kematian yang menimpa sebagian umat manusia.

Kiamat kubra yaitu terjadinya kematian dan kehancuran yang menimpa seluruh alam semesta.

2. Kejadian Kiamat Kubra

Gambaran mengenai kiamat kubra dituangkan dalam Al-Quran yaitu Q.S Al-Qariah ayat 4-5 dan Q.S Az-Zalzalah ayat 1-2. Perhatikan ayat dibawah ini :

az-zalzalah ayat 1-2
al-qariah ayat 4-5

Selain gambaran diatas adapula gambaran lain berdasarkan firman Allah Subhanahu wa ta'ala  Q.S Az-Zumar ayat 68 dan Q.S Al-Muzammil ayat 18. Perhatikan ayat berikut ini:

az-zumar ayat 68
Rangkuman Materi PAI Kelas 9 Bab 1
al-muzammil ayat 18

Berdasarkan kedua ayat diatas dapat disimpulkan bahwa ada dua kejadian utama yang akan terjadi yaitu:

  • Malaikat Israfil akan meniup sangkakala sebanyak dua kali. Tiupan pertama akan terjadi kehancuran dimana semua makhluk akan mati kecuali yang dikehendaki oleh Allah. Tiupan kedua akan dibangkitkan kembali seluruh makhluk untuk dihisab.
  • Pada hari kiamat, langit akan terpecah belah,  matahari digulung, bintang-bintang berjatuhan, lautan meluap dan menjadi panas, gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan, dan manusia seperti anai-anai yang berterbangan.

Setelah proses kiamat, manusia akan melalui lima tahapan. Tahapan tersebut adalah:

  • Yaumul Barzakh
  • Yaumul Ba’ats
  • Yaumul Mahsyar
  • Yaumul Hisab
  • Surga / Neraka

Yaumul Barzakh yaitu alam kubur, dimana manusia yang telah meninggal akan ditanya di alam kubur oleh malaikat Munkar dan Nakir. Hal yang ditanyakan adalah tiga hal utama. Siapa Tuhanmu, Apa Agamamu, Siapa Nabimu. Serta ditanya apa saja yang telah dikerjakan selama hidup di dunia.

Yaumul Ba’ats yaitu hari dimana seluruh manusia dibangkitkan kembali dari kematian. Pada masa ini manusia menanti untuk dikumpulkan di Yaumul Mahsyar.

Yaumul Mahsyar yaitu hari dimana seluruh manusia “mengantri” untuk dihisab. Manusia dikumpulkan di padang mahsyar.

Yaumul Hisab yaitu hari dimana seluruh manusia dihisab atau ditimbang amal ibadahnya. Apabila selama hidupnya penuh dengan amal kebaikan maka akan menerima kitab di tangan kanan. Kebalikannya apabila selama hidupnya penuh dengan dosa maka akan menerima kitab di tangan kiri.

Surga / Neraka, yaitu tempat akhir dari seluruh makhluk termasuk manusia. Setelah dihisab, manusia yang menerima kitab di tangan kanan akan masuk surga. Sedangkan, yang menerima kitab di tangan kiri akan masuk neraka.

Perhatikan ayat berikut ini yang menjelaskan tentang surga dan neraka:

firman tentang surga
firman tentang neraka

Nah, setelah kita memahami seluruh proses terjadinya kiamat, dan apa yang akan kita lalui setelah kematian. Alangkah baiknya bahwa kita selalu berusaha untuk berbuat kebaikan dan menjauhi segala keburukan. Karena setiap yang kita lakukan akan dihisab dan dipertanggungjawabkan.