Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 2

Guru Madrasah

Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 2

Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)

Pengertian Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Unsur ruang merupakan salah satu ciri pembeda antara karya dua dimensi dengan tiga dimensi.

Objek karya seni rupa dua dimensi hanya dapat di lihat dari satu sisi saja, tetapi karya tiga dimensi dapat di lihat lebih dari dua sisi.

Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Berdasarkan fungsinya karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi dua yaitu:

  • fungsi pakai (seni rupa terapan-applied art)
  • fungsi ekspresi (seni rupa murni-pure art)

Selain berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi juga dapat dibedakan tergantung temanya.

Sesuai dengan tema yang diangkat, maka akan berbeda-beda seperti tema alam, tema hewan, tema tumbuhan dan sebagainya.

Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Nilai estetis pada sebuah karya seni rupa dapat bersifat objektif dan subyektif.

Nilai estetis bersifat objektif memandang keindahan sebuah karya seni rupa berada pada karya seni itu sendiri secara kasat mata.

Nilai estetis yang bersifat subyektif, menyatakan bahwa keindahan tidak hanya pada unsur-unsur fisik yang dicerap oleh mata secara visual, tetapi ditentukan oleh selera penikmatnya atau orang yang melihatnya.

Proses Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi

Dalam proses berkarya seni rupa tiga dimensi tentunya ada langkah-langkah yang harus ditempuh sehingga menghasilkan karya yang indah.

Langkah-langkah tersebut bisa diperhatikan melalui dibawah ini:

Proses Karya Seni Rupa 3 Dimensi

  • Teknik mozaik. Teknik mozaik merupakan teknik yang menggabungkan benda yang memiliki ukuran 3 dimensi. Tujuan penggabungan yaitu untuk memadukan karya lain menjadi satu dan membentuk seperti lukisan atau karya 3 dimensi yang bagus.
  • Teknik Aplikasi. Teknik aplikasi merupakan teknik menambah bahan lain ke karya 3 dimensi dengan cara dijahit. Tujuan dari teknik ini untuk memperindah karya 3 dimensi menjadi lebih bagus. Caranya yaitu buat pola untuk menambah hiasan. Jahit kain atau benda lain ke karya 3 dimensi. Setelah dijahit potong benang dan sudah jadi.
  • Teknik pahat. Teknik pahat merupakan teknik yang membuat karya 3 dimensi dengan cara dipahat. Biasanya teknik digunakan pada saat bahan yang digunakan dari batu atau kayu. Alat yang digunakan untuk memahat yaitu palu dan pahat. Caranya yaitu buat pola untuk membuat karya 3 dimensi. Pahat sesuai dengan pola.
  • Teknik merakit. Teknik merakit merupakan teknik yang menggunakan cara menyambung. Teknik bertujuan untuk memperkuat karya tersebut. Teknik ini menggunakan alat sekrup dan patri.
  • Teknik cor. Teknik cor merupakan teknik yang menggunakan cara cor. Teknik ini berbahan cair dan ketika didiamkan akan memadat. Bahan yang digunakan biasanya giypsum dan logam.