Rangkuman Tematik Kelas 6 Tema 5

Guru Madrasah

Bahasa Indonesia

KD 3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

Formulir adalah lembaratau surat yang harus diisi.

Jenis formulir : formulir pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftarriwayat hidup, slip tabungan, dan lain lain.

Cara mengisiFormulir :

- Formulir harus diisi sesuai keterangan yang diinginkan/ diminta (misal: nama lengkap, tanggal lahir, alamat,nomor telepon, dsb).

- Jujur (harus sesuaidata yang sebenarnya).

- Memberikan lampiran jika diperlukan (misal:fotokopi KTP, fotokopikartu keluarga, foto diri).

- Menuliskan titimangsa.

- Memberikan tanda tangandan menuliskan nama terang.

Daftar riwayat hidup

Daftar riwayathidup adalah suatu keterangan jati diri yang bersifat promosikepada perusahaan. Isi dari daftar riwayat hidup adalah keterangan pribadi serta latar belakang pendidikan baik formal maupunnon formal.

Dalam membuat daftarriwayat hidup harusbenar – benar sesuaidengan jati diri pembuat.

Daftar riwayat hidup dapat berbentuk formulir atau narasi. Biasanya, formulir daftar riwayat hidup digunakan untuk keperluan mendaftarkan diri atau pelengkap dalam surat lamaranpekerjaan.

Hal-hal penting yang tercantum dalam daftar riwayathidup adalah:

a.       nama,

b. tempat tanggal lahir,

c. umur,

d.       agama,

e.       alamat,

f. riwayat pendidikan.

Selain hal-hal tersebut, dapat pula kamu cantumkan hal lain yang menurutmu perlu, misalnya daftarprestasi, data keluarga, hobi, dan moto hidup.

Contoh daftar riwayathidup

A. Data Pribadi

Nama : Sofia Arienti Tanjung

Tempat/ tanggal lahir : Balikpapan, 21 Februari 2005 Umur : 12 tahun

 

1Agama : Islam

Alamat : Jl.Langit Biru No: 2 Yogyakarta


Text Box: Hobi : membaca, melukis, dan menyanyi

B.	Pendidikan
1. TK Cempaka (2010-2011)
2. SD Cempaka (2011-2017)

C.	Keluarga
Nama ayah : Heru Wijaya Pekerjaan : Guru
Nama ibu : Siska Ningrum Pekerjaan : Bidan
Jumlah saudara : 1 (adik) Nama saudara : Ririn Ariyani

D.	Prestasi
1.	Juara I Lomba Membaca Puisi Hari Anak Nasional 2015.
2.	Juara II Lomba Menyanyi Lagu Anak-Anak 2015.
3.	Juara III Lomba Melukis Hari Anak Nasional 2016.
4.	Juara Harapan I Lomba Membacakan Cerita Anak 2016.
5.	Juara Harapan II Lomba Pidato Anak 2015.

IPA

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupansehari-hari.

PENGERTIAN MAGNET

Magnet adalah benda yang mampu menarik benda – benda disekitarnya. Setiap Magnet memiliki sifat kemagnetan. Kemagnetan adalah kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain disekitarnya. Kata Magnet diambildari nama daerahdi Asia yaitu Magnesia, di tempat inilah bangsa Yunanimenemukan sifat magnetik dari bebatuan yang mampu menarik biji besi.

SIFAT – SIFAT MAGNET

§ Magnet hanya dapat menarik benda – benda tertentu dalam jangkauannya, artinyatidak semua benda dapat ditarik.

§ Gaya Magnet dapat menembusbenda, semakin kuat gaya magnet maka semakintebal pula benda yang dapatditembus oleh gaya tersebut.

§   Magnet mempunyaidua kutub, yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan.

§ Apabila kutub yang sejenis/senama didekatkan satu sama lain maka merekaakan tolak menolak, namun apabila kutub yang berbeda didekatkan satu sama lain maka mereka akan saling tarik menarik.

§ Medan Magnet akan membentuk Gaya Magnet. Semakin dekat benda dengan magnet , maka medan magnetnya semakin rapat,sehingga gaya magnetnya akan semakin besar. Demikianpula sebaliknya.

§ Sifat Kemagnetan dapat hilang atau melemah karena beberapa penyebab, contohnya apabila terus menerusjatuh, terbakar, dll.

§Garis gaya magnet adalah arah medan magnet yang berupagaris-garis yang menghubungkan kutub- kutub magnet.Arah garis gaya magnet yaitu meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.

Kutub magnet                                          

   

Medan magnet

BENDA BERDASARKAN SIFAT KEMAGNETANNYA

Berdasarkan kemagnetannya benda dapat digolongkan menjadi 2, yaitu :

1.  Benda Magnetik (Feromagnetik)

Feromagnetik adalah benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Benda Magnetik yang bukan magnet dapat diolah menjadi magnet, namun setiap benda memiliki tingkat kesulitan yang berbeda jika ingin diubah menjadi magnet. Contohbenda ini adalah besi, baja, nikel, dll.

2. Benda Non – Magnetik

Benda ini terbagi lagi menjadi dua kelompok, yaitu :

§ Paramagnetik, yaitu benda yang dapat ditarik dengan lemah oleh magnet kuat, contohnya alumunium, platina, magnesium, titanium, fungston.

§ Diamagnetik, yaitu benda menolak magnet, artinyabenda ini tidak dapat ditarikoleh magnet, contohnya emas, seng, merkuri, minyak, air, kayu, plastik.

MACAM – MACAM BENTUKMAGNET

Sekarang magnet memiliki banyak bentuk, karena setiap bentuk magnet dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang berbeda. Secaraumum terdapat 5 bentuk tetap magnet, yaitu Magnet Batang,Magnet Silinder, Magnet Jarum, MagnetCincin, dan Magnet U (Magnet Ladam).

JENIS – JENIS MAGNET

Secara garis besar, terdapat2 jenis magnet,yaitu :

1.  Magnet Alam

Magnet Alam adalah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami, artinya tanpa ada campur tangan manusia. Contohnya adalah Gunung Ida di Magnesia yang mampu menarik benda – benda disekitarnya.

2. Magnet Buatan

Magnet Buatan adalah magnet yang dibuat manusia, magnet buatan dibuat dari bahan – bahan magnetik kuat seperti besi dan baja. Magnetbuatan terbagi lagi menjadi 2, yaitu :

§ Magnet Tetap, merupakan magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatannya sudah dihentikan.

§ Magnet Sementara, merupakan magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.

Cara Membuat Magnet

Ada berbagaicara untuk membuatmagnet, antara lain:

a.Dengan cara menggosokkan magnet tetap,

Besi atau baja dapat dibuat magnet antara lain dengan cara menggosokkan salah satu ujung magnet tetap di sepanjang batang besi, atau baja ke satu arah secaraberulang-ulang.


b.Dengan aliran arus listrik,

Pada Kegiatan di bawah ini menunjukkan bahwa paku besar yang dililiti oleh sebuah kumparan setelah dihubungkan dengan baterai kemudian dekatkan dengan paku-paku kecil, ternyata paku kecil akan menempel pada paku besar tersebut.


Jika arus listrik diputus maka paku-paku kecil yang menempel pada paku besar dalam hitungandetik akan berjatuhan atau lepas. Berartipaku besar sudah hilang kemagnetannya.

c. Dengan induksi (influensi atau imbas).

1. Ujung gunting untuk memudahkan mengambil jarum jahit.

2. Bel listrikuntuk menggerakkan pemukul lonceng.

3. Papan catur agar buah caturtidak mudah terguling.

4. Kompas sebagai penunjukarah utara-selatan.

5. Dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenagalistrik.

6. Alat untuk mengangkut benda-benda dari besi.

IPS

KD 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Apa itu MEA?

MEA adalah singkatandari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA adalah realisasidari tujuan integrasi ekonomi negara-negara ASEAN. MEA adalah sarana yang menjadipasar utama dan basis produksi, wilayah yang sangat kompetitif dengan perkembangan ekonomiluar biasa yang akan diintegrasikan menjadi bagian dari ekonomi global. MEA adalah sebuah konsep pengembangan ekonomi yang sudah menjadi wacana selama bertahun-tahun dan akhirnya diresmikanpada tanggal 31 Desember

2015.

ApabilaMEA sudah terealisasi, ASEAN akan memilikikarakter baru sebagaiwilayah bebas pergerakan dan pemasaran barang,jasa dan investasibaik dari sisi pendapatan maupun dari sisi keterampilan. Dengan kata lain, ASEAN akan menjadi sarana bagi negara-negara anggotanya untuk menjadidestinasi investasi utama yang dapat menguatkan satu sama lain.

Tujuan Dibentuknya MEA

Tujuan dibentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah untuk mengintegrasikan ekonomi negara-negara Asia Tenggara yang sangat bervariasi menjadi pasar tunggal dengan jumlah total 625 juta orang dan dengan jumlah kombinasi GDP (Gross Domestic Product) sebanyak US$2.5 Triliun pada tahun 2014. Visi MEA untuk 9 tahun ke depan, sebagaimana yang tercetak pada AEC Blueprint2025, adalah sebagaiberikut:

1. Ekonomi yang terpadudengan integrasi yang tinggi.

2.       ASEAN yang kompetitif, inovatifdan dinamis.

3. Meningkatkan kerja sama dari konektivitas berbagai faktor.

4. Menjadi wilayah yang fleksibel dan berorientasi lebih kepada kesejahteraan individual.

5. ASEAN yang mendunia.

Beberapa hal yang dapat dijadikan kerja sama di antara beberapa anggota Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah sebagai berikut :

Meningkatkan sumber daya manusia.

Konsultasi lebih mendalam mengenaikebijakan ekonomi.

Peningkatan infrastruktur.

Mengembangkan transaksi ekonomimelalui e-ASEAN.

Mengintegrasikan industridari berbagai wilayahuntuk saling mempromosikan sumber-sumber yang ada di wilayahnya masing-masing.

Meningkatkan peran sektorswasta dalam pembangunan gedung-gedung MEA.

Persiapan Indonesia menghadapi MEA

Sejauh ini, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Indonesia berdasarkan rencana strategis pemerintah untuk menghadapi MEA/ AEC, antara lain :

1. Penguatan Daya Saing Ekonomi

Pada 27 Mei 2011, Pemerintah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) agar pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif,berkualitas, dan berkelanjutan.

2. Program ACI (Aku Cinta Indonesia)

ACI (Aku Cinta Indonesia) merupakan salah satu gerakan ‘Nation Branding’. Gerakan ini sendiri masih berjalan sampai sekarang dalam bentuk kampanye nasional yang terus berjalan dalam berbagai produk dalam negeri sepertibusana, aksesoris, entertainment, pariwisata dan lain sebagainya.

3. Penguatan SektorUMKM (Usaha MikroKecil dan Menengah)

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia, pihak Kadin mengadakan beberapa program, antara lainnya adalah ‘Pameran Koperasidan UKM Festival’. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang ada di Indonesia dan juga agar masyarakat lebih kreatif lagi dalam mengembangkan usaha kecil serta menengah.

4. Perbaikan Infrastruktur

Dalam rangka mendukung peningkatan daya saing sektor riil, selama tahun 2010 telah berhasil dicapai peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur seperti prasarana jalan, perkeretaapian, transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara, komunikasi dan informatika, serta ketenagalistrikan.

5. Peningkatan KualitasSumber Daya Manusia(SDM)

Salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah melalui jalur pendidikan. Selain itu, dalam rangka memberikan layananpendidikan yang bermutu,pemerintah telah membangunsarana dan prasarana pendidikan secara memadai, termasuk rehabilitasi ruang kelas rusak berat. Data Kemdikbud tahun 2011 menunjukkan bahwa masih terdapat sekitar 173.344 ruang kelas jenjang SD dan SMP dalam kondisi rusak berat. (dalam Bappenas RI Buku I, 2011:36).

6. Reformasi Kelembagaan dan Pemerintahan

Dalam rangka mendorong Percepatan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, telah ditetapkan strategi nasionalpencegahan dan pemberantasan korupsi jangka panjang 2012-2025danmenengah 2012-

2014 sebagai acuan bagi seluruhpemangku kepentingan untuk pelaksanaan aksi setiap tahunnya.

Hambatan/ tantangan Indonesia menghadapi MEA

1.    Tantangan di BidangPerdagangan Barang dan Jasa

Arus perdagangan bebas entah itu barang maupun jasa akan memunculkan resiko. Artinya, selain menjadi negara pengekspor, Indonesia juga menjadi sasaranempuk eksportir dari negara lain.

2.    Tantangan di BidangInvestasi

Pada sektor ini, Indonesia terbilang memiliki risiko yang sangattinggi karena adanyaeksploitasi. Sebabnya, Indonesia kurang memilikiaturan dan regulasiyang ketat sehinggasektor-sektor riil semisalpertambangan mudah dikelola negara asing. Padahal, Pemerintah memiliki kekuasaan penuh untuk mencegahadanya eksploitasi alam yang dilakukanperusahaan-perusahaan asing.


3.    Tantangan di BidangKetenagakerjaan

Masalah ketenagakerjaan Indonesia memiliki tantangan yang luar biasa. Kalau dilihat dari sisi pendidikandan produktivitas, Indonesia masih kalah jauh dari negara-negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia.

4.    Tantangan di BidangUMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sasaran dan fokus Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam menciptakan stabilitas dan perkembangan ekonomi di wilayah regional ASEAN. Kebanyakan kualitas produk UKM Indonesia belum memenuhi standar.

Apa itu SEAMEO?

SEAMEO adalah singkatan dari The Southeast Asian Ministers of Education Organization. Organisasi yang dibentuk oleh seluruh Menteri Pendidikan yang ada di negara-negara ASEAN. SEAMEO berdiri pada tahun 1965 dengan tujuan untuk membangun kerja sama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan pada wilayah tersebut.

Apa itu SEA GAMES?

SEA Games merupakan singkatan dari “Southeast AsianGames” yang berartipesertanya dari Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Dalam SEA Games, penentuan cabang olahraga yang dipertandingkan diatur sesuai dengan SEA Games Federation Chapter and Rules. Tapi, tuan rumah bisa saja menambah atau mengurangi cabang olahraga sesuai dengan keuntungan yang bisa didapat tuan rumah. Apa pengaruh SEA GAMES terhadap pertumbuhan ekonomi? Meningkatkan kesempatan kerja, menambah devisanegara, serta meningkatkan pendapatan nasional dan perorangan.

PPKN

KD3.3 Menelaahkeberagaman sosial, budaya,dan ekonomi masyarakat

Manfaat berwirausaha sejak dini

- Melatih kreatifitas dan produktifitas.

- Melatih anak berinteraksi.

- Meningkatkan kepercayaan diri.

- Menghindari perilaku konsumtif.

- Mempelajari untung dan rugi.

- Mengajarkan kemampuan mengelola uang.

Sikap penting dalam beriwausaha

- Jujur.

- Disiplin.

- Optimis.

- Mengendalikan ego.


- Bertanggung jawab.

- Bijak menentukan pilihan.

- Mengakui kesalahan dan menerima kritik.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

A. Jenis-Jenis Usaha Masyarakat

Di masyarakatterdapat berbagai jenis usaha. Jenis usaha tersebutdapat dibagi menurut lapangan usaha dan pemiliknya.

1. Berdasarkan Lapangan Usaha

Adakah di antara orang tuamu yang membuka usaha toko atau warung di rumah? Nah, itu berarti orang tuamu melakukan usaha di bidang perdagangan. Lalu, termasuk usaha di bidang apakah petani, nelayan, dan pengrajin? Simak lebih dahulupenjelasan berikut ini agar kamu dapat mengetahui jenis usaha mereka.Jenis usaha yang adadi masyarakat menurutlapangan usaha dapat dikelompokkan sebagai berikut:.

a.  Usaha Ekstraktif

Usaha ekstraktif adalah jenis usaha yang mengambil dan memanfaatkan secara langsung kekayaan yang tersedia di alam. Contohusaha ekstraktif, yaitu penangkapan ikan dan penambangan.

b.  Usaha Pertanian

Sebagianbesar penduduk Indonesiabermata pencaharian bercocoktanam. Oleh karena itu Indonesiamendapat julukan negaraagraris. Contohnya pertanian padi, sayuran, dan palawija, perkebunan hortikultura dan perkebunan besar seperti teh, kelapa sawit, kopi, dan cokelat.

c.  Usaha Industri

Industri adalah jenis usaha untuk menghasilkan barang baru, atau mengolah bahan baku/ bahan mentah menjadi bahan setengah jadi/ barang jadi. Bentuk usaha industri di antaranya perusahaan tekstil, mobil,sepatu, dan industri bahan pangan.

d.  Usaha Dagang

Pedagangadalah orang yang menjual barang-barang tertentu. Barang yang dijual berupakebutuhan sehari-hari atau kebutuhan lainnya. Pedagang mendapat keuntungan dari selisih harga pembelian barang dengan harga penjualannya.

e.  Usaha Jasa

Usaha jasa banyak ditemui di sekitar kita. Usaha jasa adalah jenis usaha yang bertujuan memberi pelayanan kepada konsumen. Usaha jasa terbagi dalam kelompok-kelompok berikut ini.

1. Jasa transportasi adalah jenis usaha pelayanan untuk pengangkutan orang atau barang-barang hasil industri dari suatu tempatketempat lain. Jasa transportasi di antaranya perusahaan pengangkutan, seperti bus, truk, kapal laut, dan pesawat.

2.  Jasa lainnya,seperti jasa asuransi,perbankan, pengiriman barang/paket, dan jasa pengacara.

2.  Berdasarkan Pemiliknya

Di sekitar tempat tinggalmu tentu banyak berdiri perusahaan. Ada perusahaan swasta maupun perusahaan milik pemerintah. Nah, semua itu merupakan penggolongan jenis usahaberdasarkan pemiliknya.

Jenis usaha di Indonesia digolongkan menjadi tiga bentuk.Ada Badan Usaha Milik Negara(BUMN), Badan

Usaha MilikSwasta (BUMS), dan koperasi.


a.  Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

1. Jenis-jenis perusahaan negara atau BUMN adalah sebagai berikut.Perusahaan jawatan (Perjan)Perusahaan ini bertujuanmemberikan pelayanan kepada masyarakat, bukan sekadar mencarikeuntungan.

2. Perusahaan umum (Perum) Seluruh modal perusahaan ini diperoleh dari kekayaan negara. Selain melayani masyarakat, Perum juga mencari keuntungan.

3. Perusahaan perseroan (Persero), berbentukPT (Perseroan Terbatas): Perusahaan ini modalnyaterdiri atas saham-saham. Tidak semua modal persero dimilikioleh negara seluruhnya. Persero bertujuan mencarikeuntungan.

b.  Badan Usaha Milik Swasta

Selain BUMN, di Indonesia juga berkembang badan usaha milik swasta. Seluruh modal dalam perusahaan swasta dimiliki oleh swasta. Perusahaan swasta mempunyai tujuan mencari keuntungan. Bentuk-bentuk perusahaan swasta antara lain perusahaan perorangan, firma, CV, danPT.

1. Perusahaan perorangan adalah usaha yang modalnya dimilikisatu orang. Kegiatanusahanya dijalankan langsung oleh pemiliknya. Contoh perusahaan perorangan yang besar adalah perusahaan sepatu di Cibaduyut (Jawa Barat) dan perusahaan perak di KotaGede (Yogjakarta).

2. Firma (PersekutuanFirma) adalah usaha yang didirikan dan dimiliki oleh beberapa orang. Prinsip

kerja usaha ini yaitu rasa saling percaya.

3. Persekutuan Comanditer (CV) atau Comanditer Venootschap (CV) adalah jenis usaha yang modalnya berasaldari beberapa orang.

4. Perseroan Terbatas (PT) adalah suatu jenis usaha yang modalnya berasal dari penjualan saham- saham. Saham merupakan lembar surat berhargayang mempunyai angka nominal. Tiap lembar saham nilainya sama. Pemilik saham disebut pesero merupakanpemilik PT.

c.  Koperasi

Koperasi adalah jenis usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan usaha berdasarkan atas asas kekeluargaan. Tujuan koperasi adalah menyejahterakan anggotanya. Modalkoperasi berasal dari simpanan wajib, simpanan pokok, dan sukarela yang disetor para anggota. Keuntungan koperasi berupa sisa hasil usaha (SHU). Sisa hasil usaha akan dibagi sesuai jasa masing-masing anggota. Kegiatan koperasi meliputi produksi, pembelian, dan penjualan barang atau jasa. Contoh koperasi yaitu koperasi karyawan, koperasi sekolah,Koperasi Unit Desa, dan koperasi batik.

1. Kategori Koperasiberdasarkan Jenis-jenisnya

a) Koperasi Produksi : Koperasi Produksi yang melakukanusaha produksi/ menghasilkan barang dan juga menjual secarabersama-sama.

b) Koperasi Konsumsi: Koperasi yang menyediakan semuakebutuhan para anggotadalam bentuk suatubarang. Misalnya: kebutuhanbahan makan, pakaian,dll.

c) Koperasi Simpan Pinjam: Koperasiyang melayani para anggotanya untuk menabung dengan mendapatkan imbalan,serta meminjamkan uang. Koperasi ini sering disebutkoperasi yang memilikiusaha tunggal.


d) Koperasi Serba Usaha (KSU):Koperasi yang bidang usahanya bermacam-macam. Contohnya: unit wartel.

2. Kategori Koperasiberdasarkan Keanggotaannya

a) Koperasi Pegawai Negeri: Koperasi ini beranggotakan para pegawai negeri baik pegawai pusat maupun daerah.

b) Koperasi Pasar (Koppas): Koperasi pasar beranggotakan para pedagang pasar.

c) Koperasi Unit Desa (KUD): Koperasi Unit Desa beranggotakan masyarakat pedesaan. KUD melakukan kegiatan usaha bidang ekonomiterutama berkaitan denganpertanian atau perikanan (nelayan).

d)     Koperasi Sekolah:Koperasi sekolah beranggotakan warga sekolah yaitu guru, karyawan,dan siswa.

3. Kategori KoperasiBerdasarkan Tingkatannya

a) Koperasi Primer: Koperasiprimer merupakan koperasi yang beranggotakan orang-orang.

b) Koperasi Sekunder:Koperasi sekundermerupakan koperasiyang beranggotakan beberapakoperasi.

4. Kategori KoperasiJenis koperasi berdasarkan fungsinya

a)       Koperasi Konsumsi: Didirikan untuk memenuhikebutuhan umum sehari-hari para anggotanya.

b) Koperasi Jasa: Untuk memberikan jasa keuangan dalam bentuk pinjamankepada para anggotanya

c) Koperasi Produksi: Bidang usahanyaadalah membantu penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkannya hasil produksi tersebut.

B. Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Secara garis besar, kegiatanmasyarakat dalam memenuhikebutuhan dapat digolongkan sebagai berikut.

1.  Kegiatan Produksi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang. Produksi juga diartikan meningkatkan nilai guna barang sehingga lebih bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang melakukan produksi disebut produsen. Di sekitar kita banyak sekali jenis usaha produksi. Misalnya perikanan, industri, dan kerajinan.

2.  Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatanmemakai atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhikebutuhan hidup. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Sebagai contoh,ketika kamu membacabuku. Hal ini berarti kamu telah melakukankegiatan

konsumsi. Membaca buku berarti menggunakan buku untuk memenuhikebutuhanmu dalam belajar.Dalam kegiatan ini kamu bertindak sebagai konsumen. Ingatlah bahwa kegiatan konsumsi hendaknya dilakukan secara bijaksana. Artinya,kamu harus bertindak hemat atau tidak berlebihan.

3.  Kegiatan Distribusi

Setiap orang berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, tidak semua barang bisa didapat konsumen secara langsungdari produsen. Biasanyapara produsen hanya memproduksi. Kemudianmereka menyetorkan barang hasil produksinya ke agen-agen, penyalur, swalayan, toko, atau warung- warung.Kegiatan inilah yang dinamakan distribusi. Orang yang melakukan kegiatan distribusidinamakan distributor.


Pernahkah kamu berpikir, dari mana asal sepatu yang kamu pakai? Ya, tentu saja dari pabriksepatu. Mungkin lebih tepatnya, sepatuitu kamu beli dari pasar atau toko sepatu. Namun, bila ditelusuri lebih jauh sepatu di toko atau pasar itu didistribusikan dari pabriknya. Jadi, kegiatan distribusi adalah penyaluran barang dari produsen ke konsumen (pemakai) melalui proses jual beli.

Menghargai BarangProduksi Dalam Negeri

Setiap orang mempunyai kebutuhan. Mereka selalu berusaha untuk bisa memenuhinya. Orang dikatakan makmur apabila sebagianbesar kebutuhannya telah terpenuhi. Padahalseiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhanmanusia semakin banyak dan beragam.Lihatlah barang-barang yang ditawarkan melalui layar televisi! Lihat pula barang-barang yang dipajang di toko! Betapa banyak barang-barang yang ditawarkan dengan model yang selalu baru. Bukan hanyaproduk dari dalam negeri.Ada pula barang hasil produksi luar negeri.

Hal ini didukung kemudahan barang hasil produksi luar negeri memasuki pasaran dalam negeri. Apabila kamu mengetahui bahwa barang-barang yang ada di pasaran tidak semua produk dalam negeri, bagaimana sikapmu?

Cara yang paling tepat dan bijaksana adalah menghargai produk-produk dalam negeri. Produk dalam negeri merupakanhasil kerja, kreativitas, dan prestasi bangsa sendiri. Tindakan nyatanyaadalah membeli barang-barang produksi dalam negeri. Produk dalam negeri mempunyai kualitas yang tidak kalah bagus dari barang produksi luar negeri. Bahkan, beberapa produk dalam negeri mulai diekspor ke pasar luar negeri. Jadi, jangan khawatir untuk memakai produk dalam negeri. Banggalah memakai barang- barang produksi dalam negeri. Banyak keuntungan yang kita peroleh bila memakai produk dalam negeri. Selain harganya cukup murah, kita juga memberi kesempatan kepada generasi bangsa untuk berkarya

Kesenjangan ekonomi adalah terjadinya ketimpangan dalam distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

Faktor PenyebabKesenjangan Sosial Ekonomi

a.  Perbedaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam berhubungan erat dengan tingkatperekonomian suatu daerah.Jika dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, laju perekonomian suatu daerah akan meningkat dan sebaliknya, tingkat perekonomian suatu daerahrendah jika masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam secara maksimal.

b.  Kebijakan Pemerintah

Kebijakanpemerintah dapat menyebabkan kesenjangan sosial. Contohnyakebijakan tentang program transmigrasi. Saat warga pendatang lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli, maka ketimpangan sosial dapat terjadi. Ketimpangan tersebut terjadi karena ada ketidaksetaraan antara dua kelompok yang seharusnya dapat berkembang bersama.

c.  Pengaruh Globalisasi

Masyarakat yang dapat menyikapi globalisasi dengan tepat akan mampu memanfaatkan globalisasi untukmencapai kemajuan. Sementara, masyarakat yang tidak dapat memanfaatkan globalisasi dengan


tepat tidak akan mampu mengambilkesempatan yang ditawarkan globalisasi bahkan mengalamiketertinggalan.

d.  Faktor Demografis

KondisiDemografis menunjukkan tingkatpertumbuhan dan strukturkependudukan, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, perbedaankondisi ketenagakerjaan, serta segala hal yang berkaitan dengan penduduk. Perbedaankondisi demografis suatudaerah dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan sosialkarena perbedaan produktivitas kerja masyarakat setiapdaerah.

e.  Letak dan KondisiGeografis

Letak dan kondisigeografis Indonesia memengaruhi tingkat pembangunan suatu masyarakat. Masyarakat yang tinggal di dataran rendah umumnya lebih mudah membangun berbagai infrastruktur, sementara masyarakat yang tinggal datarantinggi membutuhkan waktu dan proses panjang dalam pembangunan karenaterkendala kondisi alam yang menanjak dan tidak merata.

f.  Menurunnya pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara.

Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagianpendapatan nasional suatu negara dengan jumlahpenduduk negara tersebut.

DampakKesenjangan Sosial

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini beberapa contoh kesenjangan sosialdalam kehidupan sehari-hari:

Koruptor yang memakan uang rakyat hingga milyaran rupiah hanya ditahan selama 3 tahun sedangkan orang yang maling ayam dapat ditahan hingga belasantahun.

Tidak adanya fasilitastransportasi yang cukup layak untuk penderita cacat.

Orang yang berpenampilan dengan pakaian mahal dan bagus diperlakukan dengan sangat baik oleh pelayan berbedadengan orang yang berpenampilan biasa saja.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Adapun solusi kesenjangan sosialekonomi yang dapat dilakukan pemerintah antara lain:

-Memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak baik itu si kaya ataupun si miskin.
-Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.
-Melakukan pemerataan pembangunan di semua daerah.