Resensi dan Ringkasan Bahasa Indonesia

Resensi dan Ringkasan Bahasa Indonesia

A. Pengertian Resensi

Resensi merupakan ulasan yang berisi tentang penilaian terhadap buku yang telah dibaca. Biasanya resensi dibuat untuk menyampaikan keunggulan dan kelemahan buku, karya sastra, atau karya seni kepada pembaca. Dalam penulisan resensi harus memperhatikan beberapa hal yaitu singkat, menyeluruh, objektif, dan tepat sasaran.

 

B. Unsur-Unsur Resensi

Unsur-unsur resensi terdiri atas:

  1. Jenis buku, dalam hal ini penulis resensi terlebih dahulu harus mengklasifikasikan golongan buku yang diresensi termasuk fiksi atau nonfiksi.
  2. latar belakang buku, berisi tentang format buku, gambar, cover, kertas yang dipakai, jenis huruf, tebal buku, dan informasi yang mendukung tentang fisik buku atau karya seni yang akan diresensi.
  3. Bahasa yang digunakan, dalam hal ini penulis resensi harus memperhatikan struktur kalimat, gaya bahasa, ungkapan,dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tata bahasa.
  4. Nilai-nilai buku, meliputi gambaran umum isi buku, dalam hal ini penulis resensi buku dapat membandingkan karya yang diresensi dengan karya lain dari pengarang lain.
  5. Kesimpulan,berisi tentang simpulan dari resensi buku yang memuat tentang layak tidaknya k ar ya tersebut untuk dinik amati,  dilihat, ataupun dibaca oleh peminatnya.

Referensi:

Sekolah Online

Kuliah Online

Pinterin

0 / 5

Your page rank:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code